Donziger Mendukung Kepala Suku di Ekuador

http://stevendonziger.com/donziger-mendukung-kepala-suku-di-ekuador/

Perusahaan minyak chevron di kenakan denda sebesar 9 milliar Dollar kepada pemerintah Ekuador.

Ambil sikap ini hari ialah Javier Piaguaje, satu diantara ‘penggugat bernama’ asli dalam tuntutan pada Chevron. Javier ialah pemimpin lokal dari komune tradisi Secoya San Pablo di Amazon Ekuador, serta sudah terjebak dalam menolong mengatur masyarakat desa Secoya serta anggota warga sekelilingnya dalam usaha dua dekade mereka untuk minta pertanggungjawaban Chevron atas kerancuan perusahaan di semua tanah leluhur mereka.

Selanjutnya, ini hari, Steven Donziger direncanakan akan ambil sikap untuk kali pertamanya dalam eksperimen dimana Chevron memfokuskan perhatiannya hampir dengan mewah pada dianya serta sekian tahun supportnya buat warga tradisi serta petani pedesaan yang memenangi penilaian penting pada Chevron, belakangan ini ditegakkan oleh mahkamah agung negara itu.

Berikut ini ialah pengakuan paling akhir dari Steven yang di tandatangani. Kami sedang dalam proses mengatur beberapa pameran yang dicatat, kesaksian langsung Donziger seperti yang dipersyaratkan oleh ketentuan lokal yang diputuskan oleh hakim federal Lewis A. Kaplan, yang mengamati tuntutan pembalasan RICO pembalasan Chevron.

Keputusan Ekuador ialah “resmi” berdasar pada bukti ilmiah yang melimpah jika Chevron “dengan menyengaja keluarkan miliaran galon sampah beracun ke rimba hujan Ekuador” yang menyebabkan “bahaya besar serta kematian buat beberapa ribu orang tidak bersalah”

Tuntutan Hakim Untuk Chevron

Sampai April 2012, satu orang eksekutif Chevron tingkat tinggi dekati perwakilan komune rimba hujan untuk mengawali diskusi pemukiman. Kontak tidak bersambung sesudah masyarakat desa ajukan aksi penegakan hukum untuk mengambil alih miliaran dolar asset Chevron di Kanada serta Brasil. (Paragraf # 19)

Satu konsultasi lingkungan di A.S., Louis Berger Grup (LBG), sudah dengan berdiri sendiri mengevaluasi bukti di depan pengadilan Ekuador serta mengaitkan terdapat beberapa suport untuk penemuan pertanggungjawaban serta kerusakan pada Chevron. Itu mengaitkan bukti Chevron sendiri sebelum pengadilan Ekuador memberi dukungan penemuan tanggung jawab pada perusahaan. Laporan LBG,

yang ditugaskan oleh pemerintah Ekuador, sudah diberikan pada panel arbitrase untuk dengarkan konflik berkaitan polusi. Donziger mengirimkannya jadi bukti dalam persidangan RICO untuk menolong menunjukkan jika keputusan itu tidak didapat dengan penipuan.

Donziger menjelaskan persiapan laporan pakar dari Dr. Richard Cabera ialah “dengan berkelanjutan konsisten dengan hukum, rutinitas, serta praktik Ekuador seperti yang berlangsung” dalam masalah menantang Chevron. Sesaat Chevron berupaya memfokuskan perhatian pada laporan itu,

Donziger menjelaskan itu tidak berkaitan mengingat jika pengadilan Ekuador mengecualikannya. Ia menjelaskan ada banyak bingung sekitar persiapan laporan tapi jika pengetahuan yang mendasarinya masih valid serta jika mengecualikannya jadi bukti ialah sangsi “kejam” pada komune rimba hujan. Ini ialah komentar Donziger paling detil mengenai permasalahan itu.

Baca Juga : donziger-menang-di-pengadilan-dunia

Perusahaan Minyak Raksasa

Donziger memvisualisasikan bagaimana pengacara Chevron sendiri dengan terbuka menyebutkan banyak pakar yang dipilih pengadilan dari perusahaan minyak itu “berdiri sendiri” walau mereka membayar 100% dari ongkos mereka serta bekerja bersama dengan mereka, sama dengan yang dikerjakan pengacara untuk penggugat saat mengacu pada Dr. Cabrera. Chevron mengklaim Donziger berupaya menyimpang publik saat ia menyebutkan Cabrera “berdiri sendiri” tapi Donziger menjelaskan arti itu, berdasar apa yang ia tahu ini hari, tepat.

Donziger merekomendasikan supaya pengacara di team penggugat membuat beberapa kekeliruan kecil yang ciri khas dalam proses pengadilan yang polemis serta berjalan lama, tapi kekeliruan itu sirna bila dibanding dengan aksi korupsi yang dikerjakan oleh Chevron untuk menyabotase persidangan. Apapun kekeliruan yang dikerjakan tidak dekati jumlahnya penipuan, seperti yang diketemukan oleh pengadilan Ekuador, kata Gowen. Walau Hakim Kaplan sudah berupaya untuk mengecualikan bukti korupsi Chevron Donziger berupaya untuk membawanya jadi bukti dari pikirannya.

Donziger kembali memperjelas – seperti yang ia kerjakan dalam deklarasi sumpah yang diserahkan ke pengadilan Kaplan Maret lalu – jika ia tidak menyogok hakim di Ekuador serta jika saksi bintang Chevron yang menuduh demikian, Alberto Guerra, korup serta pembohong. Donziger menjelaskan kesaksian Guerra ialah “kebohongan besar” di pokok masalah Chevron. Mosi untuk menyerang kesaksian Guerra sedang menanti di muka pengadilan.

Amazon Watch serta Rainforest Action Network tanda-tangani dokumen pada 1 Mei ke Mahkamah Agung A.S., yang diserahkan oleh EarthRights International, yang merinci pengerjaan bukti oleh Chevron dengan pertolongan Guerra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.